Kapita Selekta 1
Level | Kode – Topik | Deskripsi |
---|---|---|
TK | 1A – STEAM for Kindergarten | Kegiatan STEAM memungkinkan anak-anak kecil untuk mengeksplorasi , belajar dengan cara yang aktif dan menggunakan elemen Sains, Teknologi, Teknik, Seni dan Matematika untuk berpikir lebih luas tentang masalah-masalah yang mungkin mereka amati atau hadapi. Nara Sumber: Carla (Kepala KB-TK Charis) |
TK | 1B – Menciptakan gerak tari sederhana untuk Anak Usia Dini | Gerak tari adalah hal yang sering ditemui di beberapa aspek pembelajaran. Gerak tari bukan hanya mengembangkan seni tetapi juga motorik pada anak. Menciptakan gerak tari sederhana sesuai dengan usia dan kemampuan anak-anak untuk mempermudah guru memberikan pembelajaran yang kreatif kepada anak. Nara Sumber: Christya Ajeng Noviatik |
TK-SD | 1C – Classroom Management | Seni menciptakan suasana belajar yang menarik dan menyenangkan untuk peserta didik. Nara Sumber: Mike Octavia & Widyapuri Anggarasari |
TK – SD | 1D – Teaching Mathematics creatively with storytelling | Mengajar Matematika dengan kreatif melalui cerita sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan bermakna. Nara Sumber: Marta Enggar Ingtyas & Ruli Septaria |
SMP | 1E – Lost for words: How reading can teach children empathy | Setiap cerita memiliki kekuatan untuk menghidupkan emosi dan membantu anak-anak dan remaja untuk memahami perasaan meraka sendiri dan perasaan orang lain. Nara Sumber: Gloria Setya |
SD – SMA | 1F-Ice Breaking dalam Pembelajaran | Anak-anak bosan di kelas? Perlu ice breaking supaya muncul kembali semangat belajar. Nara Sumber: Dore Yulia (Kepala SMA Charis) |
TK – SMA | 1G-Budaya Positif dalam Mewujudkan Merdeka Belajar | Peran seorang pendidik dalam mewujudkan merdeka belajar melalui penerapan disiplin yang positif Nara Sumber: Sri Puspa Dewi (Guru Penggerak Angkatan 4) |
TK – SMA | 1H-Dashboard Penilaian Kurikulum Merdeka | Aplikasi e-Rapor sudah dilaunching oleh Pemerintah. Apa yang harus disiapkan oleh guru untuk mengisinya? Bagaimana jika semua data sudah disiapkan sejak awal semester? Pastinya akan memudahkan saat di akhir semester atau saat entri nilai ke e-Rapor, apalagi jika dikerjakan nya bisa berkolaborasi dengan semua guru dalam 1 aplikasi. “one stop solution” Nara Sumber: Andreas Setiyono (GEG Leader Kota Malang | Guru Penggerak Angkatan 4) |
TK – SMA | 1I-Mengembangkan Pola Pikir Tumbuh pada Siswa | Bagaimana mengembangkan pola pikir tumbuh pada siswa agar pengembangan diri siswa berjalan maksimal Nara Sumber: Maria Santoso (Kepala SMP Charis) |
SD Kelas Besar – SMA | 1J-FLIPPED Learning untuk Matematika | Mengenal pendekatan FLIPPED learning dengan bantuan teknologi untuk membelajarkan Matematika pada siswa. Pola belajar yang biasanya diawali dari penjelasan oleh guru kemudain latihan, sedikit dibalik/flipped dengan belajar mandiri dan dilanjutkan dengan diskusi di kelas. Nara Sumber: Ambar Setyoko (Pengajar Praktik PGP Angkatan 7) |
TK – SMA | 1K-Membuat Media Pembelajaran Interaktif dengan Canva | Merancang media pembelajaran yang interaktif dengan menggunakan canva Nara Sumber: Antony Prasetia Gunawan |
SD Kelas Besar | 1L-Pembelajaran IPA dengan metode ilmiah | Setelah melakukan eksperimen bagaimana membuat laporan secara sistematis Nara Sumber: Stefanus |
SMA | 1M-Jam Matematika | Variasi media pembelajaran Matematika berbasis jam Nara Sumber: Melania Tjahja & Karunia Theda Kristanti |
SD | 1N-Fun Book | Bagaimana membuat catatan dapat menjadi sangat menarik dan menyenangkan. Nara Sumber: Dede Bethesda & Fetty Tunjungsari |
Kapita Selekta 2
Level | Kode – Topik | Deskripsi |
---|---|---|
TK | 2A- Mengembangkan karakter pada anak usia dini melalui permainan sederhana | Melalui berbagai permainan sederhana, anak-anak dapat belajar karakter untuk mau berbagi, saling menolong dan berani menerima kekalahan. Hal ini sangat penting, supaya anak tidak hanya pandai dalam akademis namun juga memiliki karakter yang baik. Nara Sumber: Ruth Wulandari |
TK | 2B- Membaca dan menulis itu menyenangkan | Memberikan kesan pertama membaca dan menulis yang menyenangkan bagi anak usia dini Nara Sumber: Vinda Widiastuti |
TK – SD | 2C- Teaching English Through Literature | Mengembangkan receptive dan productive skills Bahasa Inggris dengan entry point literatur seperti lagu, puisi dan drama sederhana. Hasil workshop bisa digunakan dalam ruang kelas dengan fasilitas terbatas. Nara Sumber: Indra Rinaldi |
TK – SD | 2D- Teknik Bercerita yang Interaktif dan Kreatif | Membangun penalaran moral siswa melalui cerita yang menarik yang dibawakan dalam dongeng atau kisah nyata dengan teknik bercerita yang interaktif dan kreatif tanpa perlu bantuan alat peraga, sehingga siswa dapat memerhatikan alur dan nilai secara utuh dan tepat. Nara Sumber: Febrin Sarshia Valentine |
TK – SMA | 2E- DBP = Drama Based Pedagogy (activating learning through arts) | DBP is a collection of teaching tools (including activating dialogue, theatre games as metaphor, image work, and role work) designed to be used in conjunction with classroom curriculum. Nara Sumber: Tri Setyarini (Praktisi Pendidikan dan Pegiat Teater) |
SD Kelas Kecil | 2F- Literasi Bahasa Indonesia | Mengembangkan 5 fokus (menyimak, mendengarkan, membaca, menulis, berbicara) mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan berbasis proyek yang menyenangkan bagi peserta didik. Nara Sumber: Trissiana Fiveria |
TK – SMA | 2G-Dessert or main course | Implementasi project based learning di kurikulum merdeka untuk menumbuhkan inquiry based learning Nara Sumber: Christian Puguh Sulistyo (Instruktur Guru Penggerak) |
TK – SMA | 2H-Membuat LKPD dengan liveworksheet | LKPD merupakan salah satu bentuk evaluasi pembelajaran yang dapat dipakai oleh guru. Liveworksheet sendiri merupakan salah 1 tools yg dapat menjadi pilihan bagi guru dalam membuat LKPD yg murah, mudah, dan menarik. Nara Sumber: Sugihendarto Pratama Putra |
TK – SMA | 2I- New Normal After Pandemic | Kebiasaan dan keterampilan apa yang harus dilatih dari seorang anak saat belajar kembali di sekolah dan di rumah setelah masa pandemi berakhir. Nara Sumber: Yovita Yudianti |
SMP | 2J-Computational thinking dalam pelajaran IPA | Membangun penalaran moral siswa melalui cerita yang menarik yang dibawakan dalam dongeng atau kisah nyata dengan teknik bercerita yang interaktif dan kreatif tanpa perlu bantuan alat peraga, sehingga siswa dapat memerhatikan alur dan nilai secara utuh dan tepat. Nara Sumber: Febrina Hariana Gultom (Kepala SMP Kalam Kudus Malang) |
SD Kelas Besar | 2K-Ngoding Yuk! | Python unik karena mudah dipahami, bahkan untuk anak-anak yang tidak memiliki pengalaman pemrograman. Nara Sumber: Erwin Prasetya |
ABK SD | 2L-Pembelajaran berdiferensiasi bagi Anak Berkebutuhan Khusus | Memperkenalkan kurikulum diferensiasi pada ABK sehingga mereka mampu belajar dengan kreatif dan beragam. Nara Sumber: Valentine Haren & Go Agustin Cindy |
SMP – SMA | 2M-Membangun Iklim Baca dalam Pembelajaran | Persoalan membaca kerap kali menjadi topik pembicaraan yang tiada henti didiskusikan oleh para guru. Bagaimana menumbuhkan budaya membaca di kalangan generasi muda di era digital ini seolah menjadi tugas yang dipikul oleh guru. Sesi ini memberi ruang bagi para guru untuk berbagi inspirasi bagaimana membangun iklim baca dalam ruang lingkup pembelajaran. Nara Sumber: Rima Utami & Priskila Citrasetya Andari |
TK – SMA | 2N-Filosofi Pendidikan Musik | Mendiskusikan pendidikan musik yang ideal dalam membantu tumbuh kembang siswa. Nara Sumber: Agung Siregar |
Kapita Selekta 3
Level | Kode – Topik | Deskripsi |
---|---|---|
TK | 3A- Pemanfaatan barang bekas untuk APE | Barang bekas tidak selalu berakhir di tempat sampah, kita dapat memanfaatkannya kembali dan mengembangakan kreatiftitas dengan harga ekonomis, dapat menjadi pilihan untuk membuat APE sebagai sarana belajar anak. Nara Sumber: Oktavia Dwi Kanti Rahayu & Puspita Kinanthi Putri |
TK | 3B -Belajar sambil Bermain Melalui Eksperimen Sains | Membagikan tentang aktivitas eksperimen Sains yang bisa dilakukan bersama anak-anak untuk memfasilitasi rasa ingin tahu dan mengembangkan kemampuan berpikir pada anak usia dini. Nara Sumber: Vondy Finalisa |
TK – SD | 3C – Pembelajaran Berdiferensiasi – Numerasi | Berbagi ide mengembangkan ketrampilan numerasi di dalam kelas dengan mengakomodasi berbagai perbedaanvyang ada (gaya belajar, kapasitas, dan minat) Nara Sumber: Susane Ikawati (Pengajar Praktik PGP Angkatan 4) |
TK – SD | 3D – Gender Awareness: I Love me | Bagaimana menolong anak-anak memahami dan menjaga dirinya sesuai dengan jenis kelamin dan gender. Nara Sumber: Ester Yohani |
TK – SMA | 3E-Merancang Menu Belajar Murid Bahagia | Kebahagiaan akan muncul seiring terpenuhinya semua keutuhan dasar peserta didik. Dalam pembelajaran, guru perlu mengenal kebutuhan dasar peserta didik sehingga dapat merancang kegiatan belajar yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut secara positif untuk mewujudkan “belajar dan bahagia”. Nara Sumber: Lutvi Awan Amin (Co Captain belajar.id) |
SD Kelas Besar | 3F – IPS (Ini Pelajaran Santai) | Mengembangkan pembelajaran IPS dengan cara menyenangkan dan bermakna. Nara Sumber: Chris Wijayanti Puspita & Thea Yonathan |
TK – SMA | 3G-Metode Coaching TIRTA dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. | Peran seorang pendidik dalam mewujudkan merdeka belajar melalui penerapan model coaching TIRTA dalam membimbing siswa untuk menyelesaikan masalah. Nara Sumber: Sri Puspa Dewi (Guru Penggerak Angkatan 4) |
SD – SMA | 3H-Digital Storytelling | Membuat konten pembelajaran semenarik drama Korea, seindah video musik K-pop. Nara Sumber: Gustaaf Frans |
TK – SMA | 3I-Pembelajaran Terdiferensiasi Menggunakan Metode Enam Topi Berpikir | Mengembangkan cara berpikir menyeluruh (6 topi) dalam menyelesaikan masalah yang dapat digunakan dalam pembelajaran Nara Sumber: Elizabeth Lobo |
SMP – SMA | 3J -Memahami Identitas Remaja | Materi ini ditujukan untuk membantu guru/orangtua dalam membantu siswa/putra/i mereka dalam mencari identitas diri mereka di tengah pengaruh lingkungan sosial, budaya, dan media massa. Nara Sumber: Geraldo Daniel |
TK – SMA | 3K – Meningkatkan Engagement Siswa dengan Media Pembelajaran Wordwall | Wordwall adalah aplikasi pembelajaran berbasis web yang dapat memfasilitasi guru untuk membuat berbagai aktivitas pembelajaran seperti Matching, Quiz, permainan. Lewat media Wordwall, engagement siswa dapat meningkat karena siswa diberi kesempatan untuk langsung terlibat dalam diskusi dan menjawab pertanyaan. Nara Sumber: Karunia Tiara Vani, S.Pd |
SD | 3L – Menumbuhkan kompetensi literasi yang komunikatif dalam konteks menulis, membaca, dan berbicara | Menjadi pembelajar abad 1 yang kreatif, cakap, dan berinovasi adalah hal utama pada saat ini, karena itu dibutuhkan keterampilan literasi yang komunikatif Nara Sumber: Cory Andan Pratiwi |
SD Kelas Besar – SMA | 3M – Matematika: BTS | Menumbuhkan minat dan rasa cinta siswa terhadap Matematika dengan metode yang mudah, menyenangkan, dan membuat penasaran Nara Sumber: Mujianto |
SMP | 3N – Mengenali Diri lewat Biologi | Menanamkan pemahaman tentang diri sendiri berkaitan dengan fungsi tubuh manusia yang mempengaruhi kondisi, mood, bahkan keputusan yang dibuat. Nara Sumber: Maria Christina |