Kapita Selekta 1

LevelKode – TopikDeskripsi
TK1A – STEAM for KindergartenKegiatan STEAM memungkinkan anak-anak kecil untuk mengeksplorasi , belajar dengan cara yang aktif dan menggunakan elemen Sains, Teknologi, Teknik, Seni dan Matematika untuk berpikir lebih luas tentang masalah-masalah yang mungkin mereka amati atau hadapi.
Nara Sumber: Carla (Kepala KB-TK Charis)
TK1B – Menciptakan gerak tari sederhana untuk Anak Usia DiniGerak tari adalah hal yang sering ditemui di beberapa aspek pembelajaran. Gerak tari bukan hanya mengembangkan seni tetapi juga motorik pada anak. Menciptakan gerak tari sederhana sesuai dengan usia dan kemampuan anak-anak untuk mempermudah guru memberikan pembelajaran yang kreatif kepada anak.
Nara Sumber: Christya Ajeng Noviatik
TK-SD1C – Classroom ManagementSeni menciptakan suasana belajar yang menarik dan menyenangkan untuk peserta didik.
Nara Sumber: Mike Octavia & Widyapuri Anggarasari
TK – SD1D – Teaching Mathematics creatively with storytellingMengajar Matematika dengan kreatif melalui cerita sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan bermakna.
Nara Sumber: Marta Enggar Ingtyas & Ruli Septaria
SMP1E – Lost for words: How reading can teach children empathySetiap cerita memiliki kekuatan untuk menghidupkan emosi dan membantu anak-anak dan remaja untuk memahami perasaan meraka sendiri dan perasaan orang lain.
Nara Sumber: Gloria Setya
SD – SMA1F-Ice Breaking dalam PembelajaranAnak-anak bosan di kelas? Perlu ice breaking supaya muncul kembali semangat belajar.
Nara Sumber: Dore Yulia (Kepala SMA Charis)
TK – SMA1G-Budaya Positif dalam Mewujudkan Merdeka BelajarPeran seorang pendidik dalam mewujudkan merdeka belajar melalui penerapan disiplin yang positif
Nara Sumber: Sri Puspa Dewi (Guru Penggerak Angkatan 4)
TK – SMA1H-Dashboard Penilaian Kurikulum MerdekaAplikasi e-Rapor sudah dilaunching oleh Pemerintah. Apa yang harus disiapkan oleh guru untuk mengisinya? Bagaimana jika semua data sudah disiapkan sejak awal semester? Pastinya akan memudahkan saat di akhir semester atau saat entri nilai ke e-Rapor, apalagi jika dikerjakan nya bisa berkolaborasi dengan semua guru dalam 1 aplikasi. “one stop solution”
Nara Sumber: Andreas Setiyono (GEG Leader Kota Malang | Guru Penggerak Angkatan 4)
TK – SMA1I-Mengembangkan Pola Pikir Tumbuh pada SiswaBagaimana mengembangkan pola pikir tumbuh pada siswa agar pengembangan diri siswa berjalan maksimal
Nara Sumber: Maria Santoso (Kepala SMP Charis)
SD Kelas Besar – SMA1J-FLIPPED Learning untuk MatematikaMengenal pendekatan FLIPPED learning dengan bantuan
teknologi untuk membelajarkan Matematika pada siswa. Pola
belajar yang biasanya diawali dari penjelasan oleh guru
kemudain latihan, sedikit dibalik/flipped dengan belajar mandiri
dan dilanjutkan dengan diskusi di kelas.
Nara Sumber: Ambar Setyoko (Pengajar Praktik PGP Angkatan 7)
TK – SMA1K-Membuat Media Pembelajaran Interaktif dengan CanvaMerancang media pembelajaran yang interaktif dengan menggunakan canva
Nara Sumber: Antony Prasetia Gunawan
SD Kelas Besar1L-Pembelajaran IPA dengan metode ilmiahSetelah melakukan eksperimen bagaimana membuat laporan secara sistematis
Nara Sumber: Stefanus
SMA1M-Jam MatematikaVariasi media pembelajaran Matematika berbasis jam
Nara Sumber: Melania Tjahja & Karunia Theda Kristanti
SD1N-Fun BookBagaimana membuat catatan dapat menjadi sangat menarik dan menyenangkan.
Nara Sumber: Dede Bethesda & Fetty Tunjungsari

Kapita Selekta 2

LevelKode – TopikDeskripsi
TK2A- Mengembangkan karakter pada anak usia dini melalui
permainan sederhana
Melalui berbagai permainan sederhana, anak-anak dapat belajar karakter untuk mau berbagi, saling menolong dan berani menerima kekalahan. Hal ini sangat penting, supaya anak tidak hanya pandai dalam akademis namun juga memiliki karakter yang baik.
Nara Sumber: Ruth Wulandari
TK2B- Membaca dan menulis itu menyenangkanMemberikan kesan pertama membaca dan menulis yang menyenangkan bagi anak usia dini
Nara Sumber: Vinda Widiastuti
TK – SD2C- Teaching English Through LiteratureMengembangkan receptive dan productive skills Bahasa Inggris dengan entry point literatur seperti lagu, puisi dan drama sederhana. Hasil workshop bisa digunakan dalam ruang kelas dengan fasilitas terbatas.
Nara Sumber: Indra Rinaldi
TK – SD2D- Teknik Bercerita yang Interaktif dan KreatifMembangun penalaran moral siswa melalui cerita yang menarik yang dibawakan dalam dongeng atau kisah nyata dengan teknik bercerita yang interaktif dan kreatif tanpa perlu bantuan alat peraga, sehingga siswa dapat memerhatikan alur dan nilai secara utuh dan tepat.
Nara Sumber: Febrin Sarshia Valentine
TK – SMA2E- DBP = Drama Based Pedagogy (activating learning through arts)DBP is a collection of teaching tools (including activating dialogue, theatre games as metaphor, image work, and role work) designed to be used in conjunction with classroom curriculum.
Nara Sumber: Tri Setyarini (Praktisi Pendidikan dan Pegiat Teater)
SD Kelas Kecil2F- Literasi Bahasa IndonesiaMengembangkan 5 fokus (menyimak, mendengarkan, membaca, menulis, berbicara) mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan berbasis proyek yang menyenangkan bagi peserta didik.
Nara Sumber: Trissiana Fiveria
TK – SMA2G-Dessert or main courseImplementasi project based learning di kurikulum merdeka
untuk menumbuhkan inquiry based learning
Nara Sumber: Christian Puguh Sulistyo (Instruktur Guru Penggerak)
TK – SMA2H-Membuat LKPD dengan liveworksheetLKPD merupakan salah satu bentuk evaluasi pembelajaran
yang dapat dipakai oleh guru. Liveworksheet sendiri
merupakan salah 1 tools yg dapat menjadi pilihan bagi guru
dalam membuat LKPD yg murah, mudah, dan menarik.
Nara Sumber: Sugihendarto Pratama Putra
TK – SMA2I- New Normal After PandemicKebiasaan dan keterampilan apa yang harus dilatih dari seorang anak saat belajar kembali di sekolah dan di rumah setelah masa pandemi berakhir.
Nara Sumber: Yovita Yudianti
SMP2J-Computational thinking dalam pelajaran IPAMembangun penalaran moral siswa melalui cerita yang menarik yang dibawakan dalam dongeng atau kisah nyata dengan teknik bercerita yang interaktif dan kreatif tanpa perlu bantuan alat peraga, sehingga siswa dapat memerhatikan alur dan nilai secara utuh dan tepat.
Nara Sumber: Febrina Hariana Gultom (Kepala SMP Kalam Kudus Malang)
SD Kelas Besar2K-Ngoding Yuk!Python unik karena mudah dipahami, bahkan untuk anak-anak yang tidak memiliki pengalaman pemrograman.
Nara Sumber: Erwin Prasetya
ABK SD2L-Pembelajaran berdiferensiasi bagi Anak Berkebutuhan KhususMemperkenalkan kurikulum diferensiasi pada ABK sehingga mereka mampu belajar dengan kreatif dan beragam.
Nara Sumber: Valentine Haren & Go Agustin Cindy
SMP – SMA2M-Membangun Iklim Baca dalam PembelajaranPersoalan membaca kerap kali menjadi topik pembicaraan yang tiada henti didiskusikan oleh para guru. Bagaimana menumbuhkan budaya membaca di kalangan generasi muda di era digital ini seolah menjadi tugas yang dipikul oleh guru. Sesi ini memberi ruang bagi para guru untuk berbagi inspirasi bagaimana membangun iklim baca dalam ruang lingkup pembelajaran.
Nara Sumber: Rima Utami & Priskila Citrasetya Andari
TK – SMA2N-Filosofi Pendidikan MusikMendiskusikan pendidikan musik yang ideal dalam membantu tumbuh kembang siswa.
Nara Sumber: Agung Siregar

Kapita Selekta 3

LevelKode – TopikDeskripsi
TK3A- Pemanfaatan barang bekas untuk APEBarang bekas tidak selalu berakhir di tempat sampah, kita dapat memanfaatkannya kembali dan mengembangakan kreatiftitas dengan harga ekonomis, dapat menjadi pilihan untuk membuat APE sebagai sarana belajar anak.
Nara Sumber: Oktavia Dwi Kanti Rahayu & Puspita Kinanthi Putri
TK3B -Belajar sambil Bermain Melalui Eksperimen SainsMembagikan tentang aktivitas eksperimen Sains yang bisa dilakukan bersama anak-anak untuk memfasilitasi rasa ingin tahu dan mengembangkan kemampuan berpikir pada anak usia dini.
Nara Sumber: Vondy Finalisa
TK – SD3C – Pembelajaran Berdiferensiasi – NumerasiBerbagi ide mengembangkan ketrampilan numerasi di dalam kelas dengan mengakomodasi berbagai perbedaanvyang ada (gaya belajar, kapasitas, dan minat)
Nara Sumber: Susane Ikawati (Pengajar Praktik PGP Angkatan 4)
TK – SD3D – Gender Awareness: I Love meBagaimana menolong anak-anak memahami dan menjaga dirinya sesuai dengan jenis kelamin dan gender.
Nara Sumber: Ester Yohani
TK – SMA3E-Merancang Menu Belajar Murid BahagiaKebahagiaan akan muncul seiring terpenuhinya semua keutuhan dasar peserta didik. Dalam pembelajaran, guru perlu mengenal kebutuhan dasar peserta didik sehingga dapat merancang kegiatan belajar yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut secara positif untuk mewujudkan “belajar dan bahagia”.
Nara Sumber: Lutvi Awan Amin (Co Captain belajar.id)
SD Kelas Besar3F – IPS (Ini Pelajaran Santai)Mengembangkan pembelajaran IPS dengan cara menyenangkan dan bermakna.
Nara Sumber: Chris Wijayanti Puspita & Thea Yonathan
TK – SMA3G-Metode Coaching TIRTA dalam Mewujudkan Merdeka Belajar.Peran seorang pendidik dalam mewujudkan merdeka belajar melalui penerapan model coaching TIRTA dalam membimbing siswa untuk menyelesaikan masalah.
Nara Sumber: Sri Puspa Dewi (Guru Penggerak Angkatan 4)
SD – SMA3H-Digital StorytellingMembuat konten pembelajaran semenarik drama Korea, seindah video musik K-pop.
Nara Sumber: Gustaaf Frans
TK – SMA3I-Pembelajaran Terdiferensiasi Menggunakan Metode
Enam Topi Berpikir
Mengembangkan cara berpikir menyeluruh (6 topi) dalam menyelesaikan masalah yang dapat digunakan dalam pembelajaran
Nara Sumber: Elizabeth Lobo
SMP – SMA3J -Memahami Identitas RemajaMateri ini ditujukan untuk membantu guru/orangtua dalam membantu siswa/putra/i mereka dalam mencari identitas diri mereka di tengah pengaruh lingkungan sosial, budaya, dan media massa.
Nara Sumber: Geraldo Daniel
TK – SMA3K – Meningkatkan Engagement Siswa dengan Media Pembelajaran WordwallWordwall adalah aplikasi pembelajaran berbasis web yang dapat memfasilitasi guru untuk membuat berbagai aktivitas pembelajaran seperti Matching, Quiz, permainan. Lewat media Wordwall, engagement siswa dapat meningkat karena siswa diberi kesempatan untuk langsung terlibat dalam diskusi dan menjawab pertanyaan.
Nara Sumber: Karunia Tiara Vani, S.Pd
SD3L – Menumbuhkan kompetensi literasi yang komunikatif dalam konteks menulis, membaca, dan berbicaraMenjadi pembelajar abad 1 yang kreatif, cakap, dan berinovasi adalah hal utama pada saat ini, karena itu dibutuhkan keterampilan literasi yang komunikatif
Nara Sumber: Cory Andan Pratiwi
SD Kelas Besar – SMA3M – Matematika: BTSMenumbuhkan minat dan rasa cinta siswa terhadap Matematika dengan metode yang mudah, menyenangkan, dan membuat penasaran
Nara Sumber: Mujianto
SMP3N – Mengenali Diri lewat BiologiMenanamkan pemahaman tentang diri sendiri berkaitan dengan fungsi tubuh manusia yang mempengaruhi kondisi, mood, bahkan keputusan
yang dibuat.
Nara Sumber: Maria Christina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook
YouTube
Instagram
WhatsApp