Pembelajaran Terpadu

Oleh Kurnia Indah Christyowati, S.E.

Sebelum memasuki bangku sekolah, anak terbiasa memandang segala sesuatu dan mempelajari segala peristiwa yang terjadi di sekitarnya atau yang dialaminya sebagai suatu kesatuan yang utuh (holistik). Sayangnya, ketika memasuki institusi pendidikan secara formal di bangku sekolah dasar, siswa justru disuguhi berbagai ilmu dan mata pelajaran secara terpisah (parsial), sehingga siswa mengalami kesulitan untuk memahami fenomena yang terjadi di lingkungan sekitar, melihat hubungan dan kaitan di antara semuanya, dan manfaat yang mereka bisa terapkan dari ilmu yang mereka dapatkan. Oleh karena itu diperlukan pengalaman belajar yang menunjukkan kaitan unsur-unsur konseptual baik di dalam maupun antar mata pelajaran, yang memberi peluang terjadinya pembelajaran efektif dan lebih bermakna (meaningful learning).

Dari kelas ini diharapkan peserta dapat menerapkan konsep dasar dari pembelajaran terpadu dalam merancang sebuah rencana pembelajaran yang efektif dan bermakna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook
YouTube
Instagram
WhatsApp